Kamis, 05 Juli 2007

Blackberry, serius bisnis atau cuma main-main ??


Sekitar oktober 2004 saya berkenalan dng Blackberry,.. kala itu Indosat dan Starhub memperkenalkannya sebelum launching ke public tahun 2005 (cmiiw ya)…

Blackberry yang pertama yang saya pakai menggunakan seri 7730…

Installasi pada waktu dibantu oleh Starhub guys, karena saya punya pengetahuan dikit dng Microsoft Exchange, saya pahami cara kerjanya… ahk ternyata seperti ini toch…

Mudah banget ya… pada saat itu kita pakai Blackberry Enterprise Server versi 3.6 ; jadi untuk mengaktifasi handset, kudu pakai kabel…

Tapi abis itu… mantabs bro.. Email-email dan Calendar gue di-PUSH spt SMS…

Well setelah itu munculah Blackberry Enterprise versi 4.0 ; karena udah paham sedikit dan di-training langsung sama pakarnye dari starhub, well utak-utik dikit langsung install sendiri,

Ternyata diversi ini semua sudah benar2x wireless, Calendar, email, contact, note, semua synchronize over the air… (lewat GPRS langsung maksudnye), dan proses aktifasinya pun over the air..

Benar2x teknologi yang mantabs….

Mei 2007 saya mengikuti symposium WES (Wireless Enterprise Symposium) di JW Marriot Orlando, US ; well ternyata perkembangan teknologi wireless sangat significant bro..

Contohnya, Elu-elu bisa remote server elu dari blackberry, dan g bisa jamin kecepatannya dng REMOTE DESKTOP dibandingkan pake mobile 5… dan sumpah dech, sekarang g kalo restart services, atau nambah user, reset password active directory, pake blackberry… cuman hitungan detik langsung gress…

Nah di amrik sono, gue dapet sharing dari para pengguna dan developer blackberry… ternyata perkembangannya sdh sangat luar biasa, semua resource yang ada dikantor bisa elu akses lewat handset blackberry, SAP, bulletin, Sharepoint…etc bahkan polisi di London sdh menggunakan teknologi blackberry buat pelacakan spt nomor kendaraan, foto-foto pelaku criminal… dan masih banyaklah cerita lagi mengenai COOL things about blackberry,..

So’ bro and sis…

G yakin teknologi Blackberry ini bener2x serious business… apalagi market di Indonesia masih lowong banget terutamat para developer java...

tunggu ajah kupasan-kupasan berikutnya tentang Blackberry...

Tidak ada komentar: